BADAN DIKLAT PROVINSI JAWA TENGAH - Jl. Setiabudi 201 A Semarang
   





 





 
Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah
Jl. Setiabudi 201A, Telp. 024 7473066
Fax. 024 7473701 - Semarang
email : diklat@jatengprov.go.id

Anda Pengunjung ke :
593.575
 
Home / News -
 
Pembukaan Diklat Fungsional Manajemen Kefarmasian
 
 
Rabu, 21 Agustus 2013 01:50:00

 
 
Semarang. Sebanyak 30 peserta Diklat Fungsional Manajemen Kefarmasian mengikuti upacara pembukaan yang diselenggarakan di Aula Kampus Diklat Sumbing. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Diklat - M. Masrofi, S.Sos, M.Si membuka secara resmi diklat yang akan diselenggarakan hingga tanggal 30 Agustus 2013 tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Diklat menyampaikan bahwa Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2009, tentang Pekerjaan Kefarmasian. Tenaga Kefarmasian sebagai salah satu tenaga kesehatan pemberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat mempunyai peranan penting karena terkait langsung dengan pemberian pelayanan, khususnya pelayanan kefarmasian.

Selanjutnya disampaikan pula bahwa Obat adalah bahan atau paduan bahan-bahan yang digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penegakan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, dan peningkatan kesehatan. Obat merupakan komponen yang tak tergantikan dalam pelayanan kesehatan. Dalam upaya pelayanan kesehatan, ketersediaan obat dalam jenis yang lengkap, jumlah yang cukup, terjamin khasiatnya, aman, efektif dan bermutu, merupakan sasaran yang harus dicapai. Hal ini berada dalam lingkup pelayanan kefarmasian sebagai salah satu pilar yang menopang pelayanan kesehatan paripurna.

Sistem Kesehatan Nasional Tahun 2009 menetapkan bahwa tujuan dari pelayanan kefarmasian adalah “ Tersedianya obat dan perbekalan kesehatan yang bermutu, bermanfaat, terjangkau untuk meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya”. Sejalan dengan tujuan dari pelayanan kefarmasian ditetapkan sasaran utama yang harus dicapai oleh Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat kesehatan yaitu : 1) Semua sediaan farmasi, makanan dan perbekalan kesehatan harus memenuhi syarat, 2) Di setiap desa tersedia cukup obat esensial dan alat kesehatan dasar. Untuk mencapai sasaran tersebut dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini Apoteker atau petugas Teknis Kefarmasian untuk memahami Manajemen Kefarmasian.

Oleh karena itu untuk mempersiapkan Apoteker atau tenaga Teknis Kefarmasian yang berkualitas agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal, maka diselenggarakanlah Diklat Fungsional Manajemen Kefarmasian Tahun 2013.

-
 
   
  Berita Lain :  
  » Diklat Teknis Pengarustamaan Gender Angkatan I  
  » Penyelenggaraan Diklat Jabatan Fungsional Petugas Epidemolog Ahli Angk. 2, Diknis Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual Pemda Angk. 2 dan Diknis Pengelolaan Pasar Tradisional  
  » Seminar Modul Diklat Teknis Managerial Skill  
  » Seminar Pedoman Kerja Sama Penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV dan Diklat Prajabatan  
  » Observasi Lapangan Diklat Teknis Pekerjaan Sosial  
  » Gubernur Jawa Tengah menghadiri Paparan Proyek Perubahan peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II Angkatan II  
  » Dialog Interaktif - Gubernur Jawa Tengah - Radio Sindo Trijaya FM  
  » Penyuluhan merupakan proses menyampaikan pesan dari pengirim pesan dalam hal ini petugas penyuluhan kepada penerima pesan  
  » Diklat Pada Bulan November 2014  
  » Temu Ilmiah Widyaiswara Tahun 2014  
  » Kunjungan Kerja Kantor Diklat Kota Pekanbaru  
  » Evaluasi kegiatan entry dan validasi data kediklatan melalui aplikasi SIMDIKLAT online  
  » Badan Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah membuka Diklat Teknis Perencanaan Pembangunan Daerah Angkatan II dan Diklat Teknis Bendahara Keuangan Daerah  
  » Observasi Lapangan Diklat Teknis Pengairan Tingkat Lanjutan  
  » Praktek Lapangan Diklat Teknis Manajemen Perencanaan Penanganan Bencana  
  » Seminar Modul Diklat Teknis Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan  
  » Rakor Pembinaan Program Kediklatan Aparatur Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014  

 

Copyright © BadanDiklat Provinsi Jawa Tengah 2014